Museum Sonobudoyo

Museum sonobudoyo merupakan salah satu objek wisata budaya yang ada di kota yogyakarta. Museum ini memiliki banyak fasilitas yang bisa di gunaka oleh para pengunjung seperti ruang laboratorium, ruang pendopo, ruang pelatihan, ruang seminar, sound system, serta ruang transit yang mampu menampung sekitar 15 orang. Museum sonobudoyo menurut tempat wisata di Jogja terbaru berlokasi di dua tempat yakni di jalan pangurakan, kelurahan ngupasan, kecamatan gondomanan dan Jalan no.27D wijilan provinsi daerah istimewa yogyakarta.

Koleksi Museum Sonobudoyo

Museum ini di nobatkan sebagai museum terlengkap diseluruh Indonesia, karena di museum ini terdapat banyak koleksi bersejarah berupa teknologi, keraologi, numismatika, historika, seni rupa, geologi, biologi, fisika dan filalogika. Saat ini museum sonobudoyo memiliki banyak koleksi sekitar 43.000 dan koleksi tersebut bisa saja terus bertambah setiap tahunnya, koleksi tersebut mendapatkan tambahan berupa titipan, ganti rugi, pesanan bahkan hibah dari beberapa pihak.

Di museum ini tercatat telah memiliki koleksi keris sekitar 1200 jenis yang bersal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, masing-masing daerah tentu memiliki ciri khas dan bentuk kersi yang berbeda. ada keris dengan bentuk keluk 7, lekuk 11 dan lekuk 13. selain keris banyak pula terdapat koleksi peninggalan prasejarah seperti kubur batu, kapak batu, teracota, kain batik dan lain sebagainya.

Selain barang-barang peninggalan sejarah di museum ini juga terdapat banyak koleksi buku-buku serta naskah budaya bangsa Indonesia, maka tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke museum ini untuk mencari beberapa buku referensi. Salah satu koleksi unggulan di museum ini adalah topeng emas pusapa sarira, topeng ini cukup istimewa karena terbuat dari emas yang menyimbolkan sebagai perwujutan gayatri.

Objek wisata museum di jogja kini memiliki 2 gedung yang terpisah, salah satu gedung berada di alun-alun utara jogja sedangkan gedung yang lain berlokasi di wijilan. bangunan museum sengaja di buat mengikuti gaya masjid keraton cirebon yang memiliki pendopo besar dan kecil serta gandok kanan dan kiri. Museum sonobudoyo buka setiap hari mulai pulul 08.00 hingga pukul 15.30. bagi anda yang ingin melihat beberapa koleksi di museum sonobudoyo akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 3000/ orang untuk wisatawan lokal dan Rp. 5000/orang bagi wisatawan asing.

This entry was posted on February 6, 2018. Bookmark the permalink.