Museum Ulen Sentalu

Berwisata ke jogja tak selalu harus mengunjungi lokasi wisata pantai dan gunung saja, namun sesekali bisa berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Salah satu objek wisata yang menyuguhkan banyak warisan budaya leluhur adalah museum ulen sentalu, museum ini berlokasi di Jalan boyong kaliurang, sekitar 25 kilometer dari pusat kota jogja tepatnya berada di desa Hargobinangun, Kabupaten Sleman.

Di museum ini didirikan oleh seorang bangsawan asli kota jogja yang cukup memiliki hubungan dekat dengan keluarga keraton. Nama ulen sentalu merupakan sebuah singkatan dari Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku dan bisa diartikan sebagai cahaya dari lampu blencong yang bisa menjadi petunjuk umat manusia dalam menghadapi kehidupan.

Blencong sendiri merupakan sebuah lampu minyak yang sering digunakan dalam acara pewayangan, lampu tersebut bisa menerangi dalam setiap langkah hidup manusia. para pengunjung akan di suguhi dengan banyak koleksi batik yang berasal dari kota jogja maupun surakarta.

Koleksi Museum Ulen Sentalu

Di museum ulen sentalu, para pengunjung bisa melihat beragam koleksi batik yang berasal dari kota joga dan surakarta. Dalam setiap motif batik yang di pamerkan, terdapat sebuah arti yang cukup mendalam. selain batik, ada juga peninggalan sejarah dan budaya lainnya yang masih terawat hingga saat ini.

Para pengunjung bisa menikmati suasana jogja tempo dulu saat berada di kawasan museum ini, bangunan yang dibuat sedemikian rupa serta tertata dengan cukup baik membuat para pengunjung yang datang benar-benar terhanyut dalam suasana kota jogja jaman dahulu.

Seolah-olah kita berada di dalam mesin waktu yang akan membawa ke zaman dulu maka tak heran jika museum ulen sentalu dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia. Saat memasuki area museum, para pengunjung akan dipandu oleh seorang pemadu yang cukup berpengalaman. mereka akan memberikan penjelasan secara rinci mengenai isi dalam museum.

Wisata museum di jogja ini buka setiap hari selasa hingga hari minggu. Pada Khusus hari senin sampai jumat dan buka mulai pukul 08.30 hingga pukul 16.00 dan untuk hari sabtu dan minggu buka mulai pukul 08.30 hingga pukul 17.00. Untuk masuk museum ini, para pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 40.000/ orang dan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp. 60.000/ orang.

Akses jalan menuju ke objek wisata ini terbilang cukup mudah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus atau taxi.

This entry was posted on February 10, 2018. Bookmark the permalink.