Museum Pusat TNI AU

Museum pusat TNI AU atau biasa disebut dengan museum dirgantara mandala merupakan salah satu museum yang ada di kota Yogyakarta, museum ini dibangun dengan tujuan untuk melestarikan serta mengabadikan setiap kegiatan bersejarah yang terjadi di tubuh Angkatan Udara. Dulunya museum ini berada di kota jakarta, lalu kemudian di pindah di kota yogja karena dianggap lebih efisien karena kota jogja merupakan kota yang cukup penting dan bersejarah akan lahirnya TNI AU.

Museum dirgantara mandala berlokasi Jalan raya solo Yogyakarta, Tepatnya berada di dalam komplek TNI AU Lanud Adi Sutcipto. museum ini banyak menyimpan koleksi foto sejarah serta berbagai replika pesawat yang masih sangat terjaga hingga kini. Banyak koleksi pesawat di museum dirgantara mandala ini yang berasal dari penginggalan perang dunia ke-3 serta perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Koleksi Museum Dirgantara Mandala

Museum dirgantara mandala memang memiliki banyak koleksi berbagai jenis pesawat dan helikopter baik itu pesawat buatan jepang, pesawat buatan amerika bahkan pesawat buatan Indonesia. Baru-baru ini museum dirgantara mandala kedatangan koleksi tambahan yakni prototupe bom yang merupakan bom yang di buat oleh PT. Pindad dan PT. sari bahari.

Bom tersebut merupakan senjata yang biasa di gunakan sebagai senjata untuk pesawat sukhoi, Sky hawk dan pesawat super tucano. Objek wisata ini sering dikunjungi oleh pelajar ataupun anak-anak yang ingin belajar dan mengenal lebih dekat mengenai bentuk-bentuk pesawat milik tentara nasional Indonesia khususnya milik Angkatan Udara.

Dari beberapa koleksi pesawat yang ada, para pengunjung juga bisa menjajal menaiki pesawat tersebut. namun tentunya ada beberapa larangan yang harus selalu di taati oleh pengunjung yakni tidak diperkenankan untuk merusak atau mencorat coret koleksi pesawat tersebut.

Objek wisata museum di jogja ini buka setiap hari senin sampai minggu dan buka mulai pukul 08.30 hingga pkul 15.00. Bagi para pengunjung yang menginginkan untuk membawa oleh-oleh berupa pesawat mainan atau replika pesawat, di kawasan museum juga disediakan toko yang menyediakan berbagai jenis mainan pesawat yang bisa di bawa pulang dengan harga yang relatif terjangkau.

This entry was posted on February 12, 2018. Bookmark the permalink.