Museum Affandi

Siapa yang tak kenal sosok affandi sang maestro seni lukis yang cukup terkenal di seluruh nusantara. Karena karya-karya lukisnya yang cukup fenomenal, maka di kota jogja kini di buat sebuah museum Affandi yang khusus didedikasikan untuk sang maestro. Museum affandi berlokasi di jalan laksda adisucipto no 167 tepatnya di barat sungai gajah wong, provinsi daerah istimewa yogyakarta.

Koleksi Museum Affandi

Di museum ini para pengunjung akan diajak menikmati semua karya-karya sang maestro selama masih hidup. Namun tak hanya hasil lukisannya saja yang di pajang di sini, namun juga karya pelukis lain pun menjadi koleksi museum ini. Selain hasil karya lukisan ada pula kendaraan yang dulunya sering digunakan. Dalam museum affandi ini terdiri dari 3 galeri yakni galeri 1, galeri 2 dan galeri 3. di galeri 1 terdapat banyak koleksi affandi yang dibuat dari mulai berkarya hingga akhir hidupya.

Selain hasil karya-karya beliau, terdapat pula sepeda onthel yang dulu sering digunakan, bahkan hingga kini sepeda tersebut masih nampak sangat terawat. masuk ke galeri 2 para pengunjung akan diperlihatkan berbagai jenis lukisan hasil karya para pelukis senior maupun pemula.

Beralih ke galeri 3, disana terdapat menara yag di gunakan untuk melihat panorama alam disekitar museum, bahkan para pengunjung bisa bebas melihat sungai gajah wong serta ramainya jalan raya jogaj solo yang terkenal cukup padat. Di bagian bawah menara terdapat rumah yang cukup unik, rumah itulah yang dulunya menjadi tempat tinggal affandi beserta anak dan istrinya.

Keunikan rumah affandi terletak pada bentuknya yang di buat panggung dan dilengkapi dengan penyangga berbahan beton serta tiang tiang rumah yang terbuat dari bahan kayu. atapnya pun cukup unik, karena tidak menggunakan genteng melainkan menggunakan pelepah pisang dan di bentuk melengkung.

Di sebelah rumah terdapat gerobak yang di fungsikan sebgai mushola, gerobak tersebut dulunya sering digunakan sebagai tempat beristirahat oleh affandi beserta istrinya. Objek wisata museum di jogja ini buka setiap hari senin sampai sabtu, buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00. Untuk tiket masuk ke museum ini, para pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000/ orang untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan asing sebesar Rp.75.000/ orang.

This entry was posted on February 4, 2018. Bookmark the permalink.