Jalan-Jalan ke Museum Benteng Vredeburg

Kota Jogja merupakan kota pelajar sekaligus kota wisata yang memiliki banyak tempat menarik. Selain terkenal dengan wisata alamnya yang beragam, kota ini juga mempunyai museum yang bisa dikunjungi. Salah satunya yang paling terkenal adalah Museum Benteng Vredeburg. Ada hal menarik apa yang bisa ditemukan di sini?

Menengok Keunikan Museum Benteng Vredeburg

Bagi yang mengunjungi Yogyakarta pastinya tidak akan melewatkan berkunjung atau sekedar nongkrong di kawasan nol kilometer. Kawasan nol kilometer di Jogja memang menjadi lokasi yang strategis, bagi yang akan ke keraton jaraknya sangat dekat. Tidak hanya itu saja, di sana juga dekat dengan kawasan Malioboro dan berbagai tempat bersejarah lainnya.

Salah satunya yang bisa ditemui pada kawasan nol kilometer tersebut adalah Museum Benteng Vredeburg. Museum yang satu ini dulunya memang dibangun untuk dijadikan benteng. Bangunan ini dibangun pada tahun 1765 oleh Belanda dan dulunya difungsikan sebagai benteng pertahanan untuk menangkas serangan dari keraton Yogyakarta. Setelah mengalami perkembangan, benteng pertahanan tersebut akhirnya difungsikan sebagai museum dan dibuka untuk umum.

Isi dari museum ini berupa arsip-arsip nasional, foto-foto perjuangan, benda bersejarah, lukisan tentang perjuangan nasional dan lain sebagainya. Bangunan tersebut dibangun oleh Belanda oleh karena itu arsitekturnya sangat khas. Arsitektur khas Belanda tersebut sering kali digunakan untuk lokasi foto-foto.
Fasilitas yang terdapat di sana antara lain adalah perpustakaan, ruang tamu, pemandu, free wifi, ruang seminar, ruang pertunjukan, kamar mandi dan ruang belajar kelompok. Harga tiket masuk ke Museum Benteng Vredeburg sendiri terbilang murah. Khusus untuk dewasa dipungut biaya Rp 2000 dan anak-anak Rp 1000 saja. Tentu saja ini merupakan wisata murah meriah tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Berwisata ke museum itu tentu saja bisa menambah ilmu pengetahuan. Banyak ilmu yang disimpan dalam museum utamanya adalah ilmu tentang sejarah dan budaya. Tak heran jika anak-anak sekolah disarankan untuk berwisata edukatif dengan mengunjungi museum. Museum Benteng Vredeburg sendiri letaknya di tengah kota dan anda museum ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

This entry was posted on January 31, 2018. Bookmark the permalink.