Tips Mengirim Barang Elektronik ke Luar Negeri

Apakah kamu sedang ingin kirim barang ke luar negeri berupa barang elektronik? Untuk paket yang akan kamu kirimkan ke luar negeri sebaiknya kamu membaca beberapa tips mengirim barang elektronik ke luar negeri yang akan kami bahas disini.

Jika kamu ingin mengirimkan produk atau barang elektronik untuk keluarga, teman atau pembeli di luar negeri. Pastikan kamu telah melakukan packing yang benar dan aman. Selain itu kamu juga harus mengetahui aturan pengiriman produk elektronik ke luar negeri, karena tidak semua barang elektronik bisa kamu kirimkan dengan bebas ke luar negeri.

Tips Mengirim Barang Elektronik ke Luar Negeri

Berikut ini ada beberapa tips mengirim barang elektronik ke luar negeri yang harus kamu ketahui dengan detail.

1. Ketahui Aturan Pengiriman Barang Elektronik Ke Luar Negeri

Tips mengirim barang elektronik ke luar negeri yang pertama adalah kamu harus mengetahui aturan pengiriman barang elektronik. Saat mengirim paket yang isinya barang elektronik kamu akan berurusan dengan undang-undang yang diterapkan di negara tujuan pengiriman.

Jadi pastikan kamu mengetahui barang elektronik apa saja yang tidak boleh dikirimkan ke negara tujuan pengiriman paketmu. Barang elektronik akan dilakukan pengecekan yang lebih ketat dibandingkan produk lainnya saat di luar negeri.

Salah satu aturan yang paling penting diketahui, adalah aturan tentang pengiriman baterai lithium. Jika kamu mengirimkan gadget seperti hp, laptop atau barang elektronik lainnya yang memiliki baterai lithium kamu harus menghindarinya.

Karena ada aturan pengiriman barang secara internasional yang melarang pengiriman barang elektronik yang memiliki baterai lithium. Jika bisa dikirim, kamu harus melepaskan baterai dari gadget dan dikirimkan secara terpisah.

2. Buat Packing Kuat dan Aman

Saat mengirimkan paket elektronik ke luar negeri kamu juga harus memastikan packing yang kamu buat kuat dan kokoh. Hal ini harus kamu perhatikan karena kerusakan saat pengiriman bukan tanggung jawab dari pihak jasa pengiriman baik itu pengiriman melalui jalur udara maupun sea freight.

Untuk pengiriman barang elektronik yang aman kamu harus menambahkan styrofoam, bubble wrap, dan kardus packing yang kuat. Untuk lebih kuat dan kokoh kamu bisa melakukan packing kayu pada barang elektronik yang ingin dikirimkan ke luar negeri.

3. Mengisi Formulir Faktur Komersial

Jika kamu mengirimkan produk elektronik ke luar negeri kamu harus mengisikan formulir commercial invoice & packing list. Karena sebagian besar negara di luar negeri membutuhkan deklarasi ini untuk produk elektronik.

Saat mengisi formulir ini kamu harus mencantumkan nama pengirim dan penerima dengan detail serta mencantumkan isi paket yang dikirimkan. Kamu juga bisa menambahkan sertifikat asal dari produk elektronik tersebut.

Jika kamu mengirimkan barang elektronik dengan nilai lebih dari 2.500 ribu dollar, maka kamu harus membuat deklarasi atau sertifikat ekspor.

4. Cari Jasa Pengiriman Barang Elektronik Ke Luar Negeri Terpercaya

Untuk tips mengirim barang elektronik ke luar negeri selanjutnya adalah mencari jasa pengiriman barang elektronik ke luar negeri yang terpercaya. Jika kamu masih bingung mencari jasa ekspedisi pengiriman paket ke luar negeri yang terpercaya, kamu bisa percayakan kepada Freight Forwarder.

Freight Forwarder adalah jasa ekspedisi terpercaya, aman dan tarif murah yang bisa kamu pilih karena sudah berpengalaman dan memiliki layanan yang lengkap dari pengiriman udara dan laut, cek ongkir ke negara tujuan, tracking pengiriman, konsultasi pengiriman dan jasa pickup produk untuk dikirimkan ke luar negeri.

Jadi jika kamu masih bingung dan membutuhkan konsultasi dan cek ongkir pengiriman barang elektronik ke luar negeri segera kunjungi website Freight Forwarder.